Jumat, 29 Mei 2009

Virus Komputer dan Penaganan

Virus, sering kali kita dijengkelkan jika menghadapi virus di komputer kita, sudah bikin lambat, merusak system parah lagi jika data – data penting hilang. Yah namanya juga virus kalau sudah ada penyakit baru keluar obatnya. Sebenarnya kalau kita tahu sifat virus, kita bisa meminimalkan jalanya virus masuk dikomputer. Virus merupakan program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan mengcopy dirinya kedalam program atau dokumen lain (seperti virus dibadan saja yah…).

Virus dapat merusak hadware walaupun tidak secara langsung. Logikanya gini, saat virus masuk kedalam computer, kemudian dengan cepat menggandakan dirinya, lalu apa yang terjadi? , komputer seakan dipaksa kerja berat, sumber daya pada komputer (seperti CPU Real Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan, dan pada akhirnya cepat panas dan pet!! parah jika sampai mbuat mati komputer. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya, 5% menyerang Linux/GNU, Mac dan sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.

Lalu Bagaimana Penanganannya ?
Kalau kita lihat bagaimana virus masuk di PC Home, rangking tertinggi melalui flashdisk, kita harus mamatikannya sebelum virus itu aktif. Virus biasanya dikenali dari file berbasis *.dat, *.scr, *.exe dan pengaktifan sering masuk pada autorun. File tersebut tidak ditampilkan pada layer komputer, untuk itu langkah ini perlu anda lakukan.

Secara umum yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Gunakan antivirus yang bagus, seperti AVG, norton, Arvira.
Jangan lupa untuk selalu meng-update. AVG biasanya 2 minggu sekali ada versi update.
2. Matikan Autorun.
3. Scan Flashdisk sebelum masuk ke komputer
4. Selalu waspadai terutama flashdisk jika masuk ke komputer lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar